Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Kabaena dari segi pertanian

Kabaena dari segi pertanian


Selain memiliki keindahan alam yang luar biasa, Pulau Kabaena juga memiliki potensi alam yang lain. pulau ini terkenal dengan produksi gula merahnya yg manis dan kualitas nomor wahid, itu  karena banyaknya pohon aren yang terdapat di pulau itu, ketika kita berkunjung kesana kita dapat melihat lansung proses pembuatan gula aren yang prosesnya masih tradisional.

 Selain terkenal dengan prodoksi gula arenya di pulau itu juga mempunya hasil pertanian berupa jambu mente yang melimpah, sebagian besar penduduk di Kabaena bertani jambu mente, namun akhir-akhir ini hasil dari pertanian jambu mente sangat menurun mungkin karena kurannya sosialisasi dari pemerintah tentang bagai mana cara bertani jambu mente yang baik dan benar dan turnnya harga jambu mente dari tahun ke tahun, sehingga banyak petani di sana yang beralih menanam cengkeh.

Karena Kondisi alam kabaena yang sebagian merupakan pegunungan sebagian masyarakat kabaena juga beralih bagai petani cengkeh karana bertani cengkeh di anggap paling evisien untuk saat ini karena cara perawatan yg di anggap mudah dan harga yang tinggi.

Untuk jangka panjang banyak juga petani di pulau ini yang menanam jati. Potensi alam dari segi pertanian di kabaena sebenarnya sangat menjanjikan tapi karna kurangnya pengetahuan masyrakat tentang cara bertani dan kurangnya sosialisasi tentang pertanian di pulau ini mengakibatkan lambatnya perekonomian dari segi pertanian di pulau tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar