Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Pulau Kabaena

Pulau Kabaena


Gunung Watu Sangia Kabaena Sulawesi tenggara
Pulua Kabaena yang tepatnya berada di kabupaten bombana, provinsi Sulawesi tenggara menyimpan potensi wisata alam yang tidak kalah indahnya dengan tempat lain dan terkenal dengan keramahan penduduknya.

Pulau itu dapat di tempuh melalui jalur laut dari ibu kota kabupaten bombana dengan jarak tempuh menggunakan kapal laut tradisional sekitar 4 jam dan untuk menghemat waktu kita juga dapat memilih menggunakan kapal cepat dengan jarak tempuh sekitar 2 jam saja.
Pulau kabaena terdapat keindahan wisata seperti gunung, laut, air terjun dan goa. Bagi yang hobi mendaki dapat memilih gunung Saba Mpolulu yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Sultra, dari puncak gunung kita dapat melihat keindahan Pulau Kabaena dan pulau-pulau kecil di sekitarnnya yang dapat memanjakan mata. Dikaki gunung tersebut terdapat desa yakni Desa Tangkeno yang terkenal dengan cuaca dinginnya, disaat kita berkunjung ke desa tersebut cuaca dinginnya masih terasa hingga sekitar pukul 11:00 WITA. Desa itu juga di juluki Negeri Diawan.
Untuk menikmati keindahan lainnya di pulau itu terdapat goa watu buri (batu buri)  yg berada di desa lengora, goa yang konon katanya di jadikan tempat pengasingan dan pengobatan bagi masyarakat yang terkena penyakit kulit di zaman dahulu, goa ini dulunya biasa di gunakan sebagai tempat bertapa. Goa itu biasanya banyak di kunjungi wisatawan local pada waktu tertentu seperti selapas Lebaran.
Pulau yang terkenal dengan produksi  gula arenya ini juga memiliki seni dan budaya yang indah seperti tarian lumense dan lulo alu, tarian lumense yang dulunya hanya di peruntukan di acara ritual tertentu sebagai penolak bala kini setelah beberapa kali modifikasi, lumense kini mulai sering terlihat, terutama kala penyambutan pejabat yang berkunjung ke kabaena.
Di sisi lain pulai kabaena mempinyai anak pulau yang tidak kalah indahnya, anak pulau itu di sebut pulau Sagori, pilau itu dapat di tempuh sekitar 30 menit dari Pulau Kabaena, pulau sagori di kenal sebagai pulau kuburan kapal, karena di pulau itu sering terdapat kapal yang karam dan tenggelam. Pulau itu juga kita masih bisa mendapatkan bangkai kapal VOC yang karam di zaman dahulu. Selain itu juga pulau sagori terkenal dengan hamparan pasir putihnya dan di pulai itu bisa di dajikan pilihan untuk menikmati indahya matahari mulai dari terbit sampai terbenam.

0 komentar:

Posting Komentar